Paris Jusuf: Peran Perempuan Dalam Partisipasi Politik Sangat Penting 

Publishare.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf mengapresiasi agenda bimbingan teknis (Bimtek) tentang peran strategis perempuan dalam pemilihan umum (Pemilu) bidang politik dan HAM yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Gorontalo bertempat di Ballroom Hotel Arda, Provinsi Gorontalo, Jum’at (26/5/2023).

Undang-undang (UU) No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, mengamanatkan sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan pada urusan politik ditingkat pusat dan pencalonan legislatif setiap tingkatkannya.

Selain sebagai syarat mensukseskan konstitusi, Paris juga mengungkapkan bentuk apresiasinya kepada kaum perempuan agar kukuh bertarung pada kontestasi politik ditahun 2024 mendatang.

“perempuan harus jadi pionir dalam menyampaikan aspirasi masyarakat-nya, lebih khusus aspirasi dikalangan perempuan , sebab ada banyak hal yang saya rasa patut untuk diperjuangkan salah satunya tentang isu kekerasan terhadap perempuan,” ungkap Paris saat memberikan materi.

Diketahui sejauh ini, persentase keikutsertaan perempuan khususnya di Provinsi Gorontalo belum mencapai angka 30% baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga Paris mendorong adanya keseriusan dari setiap Bacaleg untuk turut berjuang penuh.

“ditingkat Provinsi baru sekitar 12 orang dari 45 orang, artinya ini baru sekitar 22% lebih sama halnya ditingkat Kabupaten/kota memang belum memenuhi. Saya berharap perempuan tidak hanya jadi pelengkap, tapi harus betul-betul bisa duduk dan turut serta memberi sumbangsih pikiran dan tenaganya demi kemajuan Provinsi Gorontalo,” tutup Paris.(Adv/Ps04/Zian)

Komentar